Twins Tower Sebagai Icon Baru UM

Visitasi Pembangunan Gedung Perkuliahan yang difasilitasi oleh IDB
Direktur Human Development Specialist Islamic Development Bank (IDB) Country Gateway Office Indonesia, Deni Ahmad Fauzi melakukan Visitasi Pembangunan Gedung Perkuliahan yang difasilitasi oleh IDB

Malang- Sebentar lagi, Universitas Negeri Malang (UM) bakal memiliki gedung perkuliahan repesentatif yang digunakan untuk gedung kuliah bersama. Dua gedung baru dengan sembilan lantai ini dibangun di Jalan Simpang Bogor. Mega proyek ini digadang-gadang sebagai Twins Tower perkuliahan yang dapat menampung kegiatan pembelajaran di UM.

Direktur Human Development Specialist Islamic Development Bank (IDB) Country Gateway Office Indonesia, Deni Ahmad Fauzi, menjelaskan, bahwa IDB peduli terhadap kemajuan pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Sekitar tiga puluh universitas yang sudah berhasil dibangun IDB bekerjasama dengan pemerintah. Sarana pendidikan yang dibangun merupakan gedung perkuliahan, laboratorium lengkap dengan unit penunjangnya.

“Kontrol yang akan dilakukan sangat intens, mengingat ini adalah project yang sangat besar. Tim IDB akan melakukan monitoring terhadap Project Implementation Unit (PIU) di level lokal yang berada di universitas untuk memberikan laporan ke pusat tentang pelaksanaan pembangunan project” paparnya

 

Lebih lanjut, Deni menjelaskan bahwa proyek pembangunan di UM ini tergabung dalam program four in one. Selain membangunan di UM, IDB juga membangun di tiga universitas lain, yaitu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Negeri Jember, dan Universitas Mulawarman.

Selepas bertemu dengan jajaran pimpinan Universitas Negeri Malang, tim yang terdiri dari perwakilan IDB, Kemenristekdikti, Bappenas, dan Kemenkeu melihat langsung lokasi pembangunan. Tidak hanya melihat dari dekat lokasi pembangunan di seputaran Jalan Simpang Bogor, tim melanjutkan kunjungan ke Kantor Pengelola Project Implementation Unit (PIU) yang berada sebelah barat Museum UM.

Dalam kesempatan tersebut Tim IDB juga melakukan audiensi terhadap mahasiswa UM. Banyak harapan yang digantungkan oleh para mahasiswa dalam pembangunan gedung baru ini. Salah satunya adalah mahasiwa Jurusan Tata Busana Fakultas Teknik UM, yang menginginkan ruang desian untuk praktikum.

“Setiap tahun Jurusan Tata Busana FT UM melakukan event gelar busana, kami memerlukan ruang desain yang lebih representatif untuk mempersiapkan kegiatan tersebut”, ungkap salah seorang mahasiswa FT.

Keinginan mahasiswa tersebut dijawab oleh Staf Ahli Wakil Rekor IV UM Apif Miptahul Hajji, ST., M.T., M.Sc., Ph.D, bahwa diantara dua gedung tersebut memiliki kapasitas sekitar tiga ratus ruang, sehingga apa yang menjadi keinginan mahasiswa tersebut dapat dipenuhi.

Penandatanganan perjanjian dengan pihak IDB akan dilaksanakan pada bulan Mei 2016 mendatang di Jakarta, bersamaan dengan IDB Annual Meeting 2016. Direncanakan selepas Mei nanti pembangunan segera dimulai.

Penulis : Suhardi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.