Soft Opening Gedung Kuliah Bersama (GKB) Proyek 4-in-1 IsDB Universitas Negeri Malang (UM) oleh Menristekdikti

Gedung Kuliah Bersama (GKB) menempati di areal lahan Universitas Negeri Malang yang luasnya kira-kira 39.640 m2.

Gedung Kuliah bersama terdiri dari dua gedung yang bentuknya tipikal/sama, dengan masing-masing gedung berlantai 9.

Total luas lantai untuk kedua gedung tersebut adalah 44.917 m2.

Desain dari DED untuk penggunaan gedung tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lantai 1 dan 2 dipergunakan untuk area parkir mobil, laboratorium, ruang dosen, dan ruang kuliah.
  • Lantai 3-7 dipergunakan untuk ruang kelas, ruang seminar, ruang baca, ruang dosen, perpustakaan, dan common space area.
  • Lantai 8 dan 9 dipergunakan untuk ruang auditorium/ruang serbaguna yang dapat menampung kira-kira 500 peserta, ruang seminar yang dapat menampung kira-kira 100 peseta, ruang testing center, dan laboratorium Bahasa.

Kontrak pelaksanaan pembangunan Gedung Kuliah Bersama tersebut ditandatangani pada tanggal 23 Agustus 2018 dengan masa pelaksanaan selama 660 hari kalender, sehingga pada bulan Juni 2020 berdasarkan kontraknya harus sudah selesai.

Masa pemeliharaan gedung tersebut setelah diserahterimakan yaitu selama 12 bulan/1 tahun, sehingga kalau terjadi kerusakan yang sudah disepakati dalam kontrak, maka semuanya masih menjadi tanggungan kontraktor/pemborong.

Pelaksanaan pembangunan GKB tersebut sekarang sudah memasuki minggu ke 51 dengan capaian progress sebesar 54%.

Semua dana pembangunan Gedung Kuliah Bersama tersebut berasal dari Islamic Development Bank (IsDB) yang berpusat di Jeddah, Arab Saudi.

Sedangkan sumber dana untuk bangunan penunjang/bangunan infrastruktur berasal dari GOI dan PNBP.

Bangunan infrastruktur yang dimaksud terdiri dari: jalan lingkungan GKB, pedestrian, parker kendaraan roda dua, parkir kendaraan roda empat, taman, amphitheater, bangunan power house, saluran air hujan, dan plengsengan sungai.

Soft Opening Gedung Kuliah Bersama ini dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Bapak Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak.

Soft Opening GKB tersebut dilakukan di Lantai satu dan dua GKB di Universitas Negeri Malang dan dimulai dari pukul 07.00 pagi pada Rabu, 3 September 2019. Acara ini dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Doa, dilanjutkan dengan Tari selamat datang, sambutan Bapak Rektor, progress report dari konstruksi GKB, sambutan Menristekdikti, dan berpuncak dengan pemukulan Gong beserta penandatanganan prasasti. Acara ini diakhiri dengan kunjungan Menristekdikti didampingi anggota Rapim UM, Rapimda, dan rombongan undangan VVIP ke lantai satu dan dua GKB untuk melihat secara langsung proses konstruksi GKB sebelum akhirnya Bapak Menristekdikti meninggalkan GKB dan melanjutkan ke acara beliau selanjutnya.

Dalam sambutannya, Bapak Menristekdikti mengajak Universitas Negeri Malang tidak hanya menggunakan proyek 4-in-1 IsDB(Islamic Development Bank) di UM untuk berkontribusi ke negara Indonesia saja namun juga dalam kancah internasional. Pusat Unggulan Iptek Disruptive Learning Innovation dari UM diharap tidak hanya bisa melakukan inovasi dan kontribusi nasional namun juga mampu bersaing dan berkontribusi sebagai Global University di dunia internasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.