Pendahuluan Direktur PIU IDB UM

Sebuah simbol verbal identitas UM, yaitu “The Learning University”, akan diperkuat melalui program pusat keunggulan dalam inovasi pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat memberikan inspirasi, dorongan, dan gambar baru pada saat yang sama untuk menandai semangat kemerdekaan yang terus berkembang di UM.

 

Konsep dasar dari Program pusat keunggulan dalam inovasi pembelajaran di UM terinspirasi dari identitas The Learning University. Ide ini telah menjadi pembungkus resmi mengejar visi lima tahun: GURU, yang merupakan singkatan dari UNGGUL dan RUJUKAN . Perkembangan UM sebagai Learning University (Universitas Pembelajaran) mencakup dua program utama, yaitu pengembangan UM menjadi organisasi pembelajaran dan sumber daya pembelajaran. Setiap program dapat dirinci sebagai berikut. Pertama, program pengembangan UM menjadi organisasi pembelajaran, yang meliputi subprogram: (a) mengembangkan sikap positif untuk belajar, (b) mengurangi hambatan belajar, (c) mengelola organisasi untuk belajar, dan (d) diversifikasi sumber pembelajaran. Kedua, program pengembangan UM menjadi sumber daya pembelajaran, termasuk subprogram: (a) mendesain ulang zona kampus untuk menciptakan sebuah lingkungan kampus ‘pembelajaran’, (b) pemanfaatan sumber daya manusia sebagai modal insani, (c) meningkatkan produktivitas dan referensi dari karya ilmiah dan teknologi, (d) memproduksi, memanfaatkan, dan menyebarluaskan sumber daya pembelajaran inovatif, (e) memanfaatkan infrastruktur kegiatan belajar, dan (f) mengembangkan strategi / model pendidikan inovatif.

 

Untuk mencapai harapan pusat inovasi pembelajaran, UM harus mengembangkan sendiri, bekerja dan terus bekerja untuk mempertahankan prestasi dan mengejar ketertinggalan dengan kemajuan inovasi global dalam pendidikan. Terlepas dari berbagai perubahan strategis dalam lingkungan internal dan eksternal, serta tantangan yang dihadapi untuk mencapai visi, misi, dan identitas, ada beberapa kekurangan yang perlu diminimalisir atau dihilangkan, sehingga UM dapat memaksimalkan banyak peluang bagi tindakan lebih lanjut. Oleh karena itu, proposal ini dibuat.

 

Atas dasar latar belakang tersebut, dengan ini proposal berjudul “Pengembangan Universitas Negeri Malang (Universitas Negeri Malang) sebagai Center of Excellence in Learning Innovation” dibuat untuk Islamic Development Bank. Ini berfokus pada dua proyek utama: 1) soft program yang terdiri dari pengajaran dan pembelajaran, penelitian dan inovasi, dan peningkatan kualitas staf UM, 2) mengembangkan bangunan ruang kelas bersama dan modernisasi peralatan laboratorium. Program ini akan dilakukan dengan total dana US $ 48,209,453.00. dana yang diusulkan ini terdiri dari US $ 38,399,720.00 dari pinjaman luar negeri, dan US $ 9,338,449.00 dari Pemerintah Indonesia.

 

                                                                                   Malang, 25 Januari 2016

 

                                                                                                                                                Rektor,

 

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd

NIP 19620303 198503 1 002