Kegiatan PIU 2017

 Dukungan Islamic Development Bank (IDB) bagi pengembangan Empat Perguruan Tinggi sebagai Pusat Unggulan bagi Daya Saing Bangsa berlaku efektif sejak 19 Mei 2016. Melalui program ini, Universitas Negeri Malang (UM) bermaksud untuk mengembangkan UM sebagai Pusat Unggulan Inovasi Belajar.  Ada beberapa program yang direncanakan dalam projek  ini. Pertama, UM akan mengembangkan Kurikulum Berbasis Kehidupan untuk program S1. Kedua, UM akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang meliputi studi doktor di luar negeri, kegiatan pelatihan di tingkat internasional dan nasional untuk dosen dan tenaga kependidikan. Ketiga, UM akan meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi ilmiah melalui hibah penelitian. Keempat, UM akan melakukan kerjasama penelitian dengan ketiga perguruan tinggi dalam 4in1. Kelima, UM akan meningkatkan kapasitas dan kualitas gedung beserta peralatan dan perabot yang menyertainya. Bangunan yang direncanakan adalah 2 gedung 9 lantai yang nantinya berfungsi sebagai  gedung kuliah bersama.

 

Tahun 2016 UM telah melaksanakan program persiapan (menyeleksi 52 calon dan mengkursuskan bahasa Inggris TOEFL)  untuk pengembangan staf yang akan studi lanjut ke luar negeri. Seleksi hibah penelitian, termasuk penelitian konsorsium, juga sudah diselesaikan dan menghasilkan 26 proposal yang disetujui untuk didanai. Program pengembangan staf yang akan pelatihan dan program pengembangan kurikulum sampai pada tahap persiapan. Untuk pembangunan gedung kuliah bersama, UM telah menyelesaikan proses perencanaan bersama DEDC (Detailed Engineering Design Consultant).

 

Kegiatan yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2017 adalah:

  1. Untuk program pengembangan staf akan dilakukan seleksi akhir dan pengumuman calon mahasiswa program doktor dari 40 orang menjadi 20 orang yang akan diberangkatkan tahun 2017 juga;
  2. Untuk program pelatihan staf akan dilakukan seleksi dan mengumumkan calon-calon, baik dosen maupun tenaga kependidikan, yang akan melakukan pelatihan, di dalam dan luar negeri. Direncanakan sebanyak 22 dosen dan 10 tenaga kependidikan yang akan diikutkan dalam pelatihan-pelatihan di tahun 2017.
  3. Untuk hibah penelitian akan dilakukan penandatanganan kontrak dengan penerima hibah dan mereka dapat langsung memulai penelitiannya.
  4. Untuk program pengembangan kurikulum Life-based Learning akan dilakukan: 1) kegiatan pengumpulan produk-produk inovasi belajar selama ini dan 2) lokakarya inovasi belajar.
  5. Start-up workshop di bulan Maret 2017.
  6. Persiapan pembangunan infrastruktur yang meliputi kegiatan: 1) Menunggu DIPA, 2) Penyiapan dokumen tender, 3) Membuat HPS, dan 4) Melaksanakan tender.
  7. Persiapan pembangunan gedung yang meliputi kegiatan: 1) Penyiapan dokumen tender, 2) Mengirim dokumen tender ke IDB; dan 3) Menunggu NOL dari IDB.