Dukungan Islamic Development Bank (IDB) bagi pengembangan Empat Perguruan Tinggi sebagai Pusat Unggulan bagi Daya Saing Bangsa berlaku efektif sejak 19 Mei 2016. Melalui program ini, Universitas Negeri Malang (UM) bermaksud untuk mengembangkan UM sebagai Pusat Unggulan Inovasi Belajar.  Ada beberapa program yang direncanakan dalam projek  ini.

Pertama, UM akan mengembangkan Kurikulum Berbasis Kehidupan untuk program S1.

Kedua, UM akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang meliputi studi doktor di luar negeri, kegiatan pelatihan di tingkat internasional dan nasional untuk dosen dan tenaga kependidikan.

Ketiga, UM akan meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi ilmiah melalui hibah penelitian.

Keempat, UM akan melakukan kerjasama penelitian dengan ketiga perguruan tinggi dalam 4in1.

Kelima, UM akan meningkatkan kapasitas dan kualitas gedung beserta peralatan dan perabot yang menyertainya. Bangunan yang direncanakan adalah 2 gedung 9 lantai yang nantinya berfungsi sebagai  gedung kuliah bersama.

Pekerjaan Sipil

Secara umum, melalui proyek ini, UM akan membangun dua menara pusat pembelajaran terintegrasi yang terletak di dalam area kampus UM di Jl. Semarang, Malang. Di situs hampir 40.000 m2, proyek akan memiliki ruang-ruang berikut:

  • Ruang kelas
  • 13 Laboratorium (advanced material, kimia analitik, biologi, bioteknologi, laboratorium komputasi, teknik sipil, sistem tenaga dan energi, teknik mesin, pusat pengujian, pusat akses mandiri bahasa asing, geografi, studio televisi pendidikan)
  • Ruang kuliah
  • Ruang umum mahasiswa
  • Ruang Pelayanan

Diapit oleh kedua menara ini, proyek ini juga akan membangun infrastruktur pendukung dan pengaturan lanskap, di mana sebuah amfiteater pendidikan akan dibangun. Infrastruktur pendukung, yang didanai oleh Pemerintah Indonesia, termasuk sub-stasiun tenaga listrik, jalur pejalan kaki, pengolahan air limbah, dan drainase air hujan.

Pengembangan karyawan

UM akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang meliputi studi doktoral di luar negeri, kegiatan pelatihan di tingkat internasional dan nasional untuk dosen dan staf.

Hibah penelitian dan konsorsium penelitian

Kegiatan penelitian di UM ditujukan untuk mendukung pendirian UM sebagai Pusat Keunggulan untuk Inovasi Pembelajaran. Berdasarkan roadmap penelitian, topik telah ditentukan untuk memperkuat konsep Pembelajaran Berbasis Kehidupan sebagai inti dari inovasi pembelajaran di UM.

Pengembangan kurikulum

Pengembangan kurikulum di UM akan menggunakan hasil hibah penelitian dan konsorsium penelitian sebagai dasar. Kurikulum pembelajaran berbasis kehidupan akan memperkaya kurikulum berbasis kerangka kualifikasi nasional yang ada.